Pasar Beringharjo pasar tertua dengan nilai historinya

Pasar Beringharjo memiliki kaitan erat dengan Keraton Yogyakarta, nama kata Beringharjo merupakan arti dari hutan beringin yang memiliki arti sebuah harapan, pasar ini bisa memberikan kesejahteraan bagi semua warga masyarakat Yogyakarta. Lokasinya berada di Jalan Ahmad Yani No. 16 Kota Yogyakarta.

Pasar Beringharjo menjual berbagai jenis barang keperluan rumah mulai dari sayur mayur, Sembako, rempah-rempah, jajanan pasar, batik, Kerajaan, emas, uang kuno, pakaian untuk anak hingga dewasa, keperluan rias pengantin tradisional Jawa, sampai barang antik di jual di tempat ini. Pasar Beringharjo banyak dikunjungi wisatawan di kota Jogja untuk berburu oleh-oleh terutama batik.

Sejarah singkat pasar Beringharjo, awal mulanya kawasan pasar Beringhajo merupakan sebuah hutan beringin, baru setelah dibangun keraton mulai kawasan ini dijadikan tempat transaksi ekonomi oleh warga Jogja dan sekitarnya. Nama dari pasar Beringharjo sendiri baru di cetuskan pada periode Sri Sultan Hamengku Buwono VIII di tahun 1925.

Ciri Khas Bangunan

Ciri khas arsitektur bangunan Pasar Beringharjo merupakan perpaduan dari kolonial dan tradisional Jawa, secara umum bangunan pasar di bedakan menjadi dua yaitu timur dan barat. Bangunan utama yang ada di Barat tepat menghadap ke Jalan Malioboro dengan 2 lantaiĀ  sedangkan bangunan timur dengan tiga lantai. Sebagai pasar tertua di kota Yogyakarta pasar Beringhajo menjadi ikon layaknya malioboro karena lokasinya yang berada di pinggir jalan Malioboro, di depan pintu masuk barat banyak penjual kaki lima yang menjual aneka makanan seperti pecel, nasi rames, bakso, jajanan pasar dan masih banyak lagi.

Jam Operasional

Pasar Beringharjo berbeda jam operasionalnya dengan Jalan Malioboro yang akan ramai di malam hari. Pasar Beringharjo mulai buka dari jam 5 pagi dan resmi tutup di jam 5 sore. Biasanya penjual pakaian masih jualan sampai malam. Penjual oleh-oleh khas Jogja juga masih berjualan ketika malam hari.

Yang unik di tempat ini

Adanya penjual barang antik menjadikan tempat ini banyak di kunjungi oleh para kolektor barang antik. Lokasi penjual barang antik berada di bangunan timur di lantai 3.