Menikmati kebudayaan Jawa di Keraton Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang terkenal dengan sebutan Jogja memiliki berbagai tempat wisata menarik serta kental dengan unsur kebudayaan khas Jawa-nya. Pusat kebudayaan Jawa di Jogja letaknya berasa di Keraton Jogjakarta. Keraton Jogja didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1755. Lokasi Keraton Jogja dahulunya merupakan bekas sebuah pesanggarahan yang bernama Garjitawati atau tempat singgah iring-iringan jenazah raja-raja Mataram yang akan di ke bumikan di Imogiri. Keraton Jogja merupakan tempat tinggal Sultan dan tempat berlangsungnya tatanan kehidupan Sultan sampai saat ini.

Yang unik di Keraton Jogja kita bisa melihat benda peninggalan Kerajaan Mataram, kereta kencana, benda-benda pusaka dan alat musik gamelan. Di setiap sudut Keraton kita akan melihat banyak abdi dalem Kesultanan Jogja dan kita bisa selfi atau berfoto bersama mereka. Ada pemadu untuk anda yang ingin tahu lebih jelas tentang benda-benda maupun kebudayaan Jawa yang ada di Keraton Jogja. Selain bisa melihat benda peninggalan Karton, para wisatawan juga bisa menyaksikan pagelaran seni yang ditampilkan di Keraton Jogja antara lain:

  • Musik gamelan setiap hari senin dan selasa yang mulai dari jam 10.00 WIB
  • Wayang Golek menak di setiap hari Rabu mulai dari jam 10.00 WIB
  • Pertunjukan tari di setiap hari Kamis mulai dari 10.00 WIB
  • Macapat setiap hari Jumat mulai dari jam 09.00 WIB
  • Wayang kulit di hari Sabtu mulai dari jam 09.00 WIB
  • Petunjukkan wayang orang dan Tari setiap hari Minggu mulai dari jam 09.30 WIB

Lokasi Keraton Jogja

Lokasi Keraton Jogja yang berada di jantung kotanya Jogja memudahkan para wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Keraton Jogja hanya berjarak 50 meter dari titik nol km, sebelah timurnya Jalan Malioboro. Wisatawan yang datang dari Jalan Malioboro berjalan ke arah timur sampai di perempatan nol km lalu lurus ke timur sampai di Jalan  Margo Mulyo ada pertigaan ke kanan ikuti papan petunjuk yang ada. Tidak sulit menemukan lokasi Keraton Jogja karena banyak papan petunjuk jalan yang akan menunjukkan di mana Keraton Jogja berada. Wisata ke kota Jogja jangan sampai lupa untuk menikmati kebudayaan jawa di Keraton Yogyakarta.

Jam operasional dan harga tiket masuk

Keraton Jogja buka setiap hari mulai dari jam 08.00 WIB sampai jam 14.00 WIB, sedangkan khusus untuk hari Jumat buka dari jam 08.00 WIB sampai jam 12.00 WIB. Harga tiket masuk Rp.7.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 12.500  untuk wisatawan Manca Negara. Ada tambahan biaya untuk anda yang membawa kamera masuk.